SDGs#5 GENDER | Universitas Negeri Yogyakarta「Skor instan bola sepak bola」

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:Bar Post NBA

Mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Seni UNY Melvine Sekar Ayu Utami Wijaya terpilih sebagai juara pertama Pemilihan Duta Bahasa Balai Bahasa DIY 2021 yang dihelat awal Oktober 2021 di Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan agenda dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa melalui Balai Bahasa Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Alumni SMAN 1 Pajangan Bantul tersebut mengalahkan 15 finalis  terseleksi dalam tes program kerja kebahasaan, uji bakat, kemampuan berbahasa asing serta penulisan artikel.

Perempuan memiliki peranan penting dalam pendidikan untuk mencetak generasi penerus bangsa, namun dalam kenyataannya masih ada harus konstruksi yang dibangun dan diperbaiki. Kesenjangan berdasarkan wilayah kota dan desa masih menjadi persoalan pembangunan dalam bidang pendidikan di Indonesia. Hal ini menunjukkan agenda pembangunan manusia di bidang pendidikan belum selesai, terutama di wilayah perdesaan dan di provinsi yang belum mencapai target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

Kekerasan seksual rentan terjadi pada remaja dengan kasus terbanyak berupa pelecehan. Kelompok yang paling rentan mengalami kasus tersebut yakni remaja disabilitas intelektual. Hal tersebut sejalan dengan pendapat bahwa kerentanan yang terjadi pada remaja disabilitas intelektual bukan hanya dipengaruhi kondisi keterbatasannya saja tetapi dipengaruhi juga oleh kurangnya jaminan perlindungan yang memadai dari lingkungan sosialnya. Pelecehan seksual dapat mempengaruhi kemandirian dan pandangan tentang masa depan, selain itu salah satu dampak serius akibat pelecehan adalah trauma.

Sesuai dengan peningkatan peran UNY pada level internasional, UNY perlu mendorong seluruh program studi yang ada untuk memperkuat dan mengembangkan jalinan kerja sama dengan universitas mitra baik di dalam maupun di luar negeri. Salah satu indikator semakin kuat dan banyaknya jalinan kerja sama, adalah peningkatan kegiatan mobilitas dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa, baik inbound ataupun outbound. Upaya peningkatan jumlah dan kualitas kegiatan mobilitas di UNY diperlukan dukungan dan fasilitasi yang efektif dan efisien.