Kenapa Pemkot Tak Bongkar Saja Tiang Makan Jalan Ciputat? Ini Kata Walkot【Dafa888 Entertainment City】

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:Bar Post NBA

Warga menghindari tiang listrik, telepon maupun kabel serat optik yang berada di badan jalan di Jl WR Supratman, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Sabtu (30/5/2020).

Januari 2021 sudah berlalu. Sekarang sudah 16 Agustus 2021. Tiang-tiang itu masih berdiri memakan badan jalan di Jl WR Supratman, Ciputat Timur.

"Memindahkan tiang dan kabel yang berada di ruas Jl WR Supratman dalam waktu yang telah ditentukan sampai batas akhir 31 Januari 2021," demikian tertulis dalam surat tersebut.

[Gambas:Video 20detik]

Bahkan tenggat waktu yang ditetapkan Pemkot kepada perusahaan pemilik tiang juga sudah lewat, yakni Januari 2021. Benyamin menjelaskan bahwa Dinas Pekerjaan Umum (PU) Tangsel dan perusahaan-perusahaan penyedia layanan tiang kabel itu (provider utilitas) sudah mengadakan rapat pada 16 Desember 2020.

Saat itu, provider utilitas yang hadir adalah PT FMI (Fiber Media Indonesia) mewakili APJATEL (Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi), PLN UP3 Area Bintaro, dan PT Telkom.

Dalam 16 Desember 2020 itu, PT FMI menyatakan siap mengikuti aturan mereka butuh surat pemindahan dari Dinas PU Tangsel. PLN UP3 Area Bintaro menyatakan sudah melakukan relokasi, belakangan PLN juga memastikan tak ada tiangnya yang memakan badan jalan di Jl WR Supratman. PT Telkom menyatakan akan melakukan validasi data sampai Januari 2021 dilanjutkan dengan pemindahan dua gardu.

"Akan dibuat lagi surat ke provider-provider tersebut," kata Benyamin Davnie.

Wali Kota Benyamin Davnie akan berkirim surat lagi ke provider-provider utilitas itu supaya tiang-tiang listrik yang makan jalan segera dibenahi.

Lihat juga Video: Rekaman Pencurian Besi Tiang Monorel yang Bikin PT Adhi Karya Bereaksi

Meski Pemerintah Kota Tangerang Selatan bersedia menyediakan dana bantuan, belum ada perusahaan yang mau membongkar tiang makan badan jalan di Jl WR Supratman, Ciputat Timur. Kenapa sih Pemkot Tangsel tak langsung bongkar saja tiang-tiang itu?

Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie (Andhika Prasetia/detikcom)

-

"Tidak bisa. Ada hal-hal teknis yang dikhawatirkan keliru (bila tiang kabel dibongkar langsung)," kata Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie kepada detikcom, Senin (16/8/2021).

"Telah disepakati bahwa utilitas lain di Jl WR Supratman diberi waktu sampai dengan Januari 2021 jika tidak ada relokasi dari utilitas terkait, maka akan tetap dilaksanakan pembongkaran," demikian poin rapat dari Dinas PU Tangsel.

Hasil rapat tertuang dalam surat Nomor 671.11/3495-BM soal permohonan pemindahan instalasi (utilitas) tertanggal 18 Desember 2020, diteken Kepala Dinas PU Aries Kurniawan. Hasil rapat itu menyatakan agar tiang dan kabel di Jl WR Supratman dipindah.